+62-274-4290-120 info@jobkorea.co.id
Select Page
Seaman Book
Slider

Buku Pelaut/Seaman Book adalah dokumen resmi negara yang dikeluarkan oleh Pemerintah yang berisi identitas fisik Pelaut yang tidak berdasarkan standar biometrik sidik jari dan bukan sebagai dokumen perjalanan dan tidak dapat menggantikan paspor.

Persyaratan :

  1. Surat pernyataan belum pernah memiliki BUKU PELAUT
  2. Foto kopi sertifikat keahlian pelaut dan atau sertifikat keterampilan pelaut, surat keterangan PRALA bagi TARUNA/I yang akan melaksanakan Praktek Kerja Laut
  3. Surat keterangan masa berlayar yang diketahui syahbandar atau KBRI setempat bagi pelaut yang pernah berlayar
  4. Surat keterangan kesehatan dari dokter rumah sakit yang direkomendasi
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Foto kopi AKTE KELAHIRAN / Surat Kenal Lahir / Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  7. Pas foto ukuran 5x5 dan 3x4 masing-masing sebanyak 3 lembar, memakai baju putih polos lengan panjang berdasi hitam dengan latar belakang BIRU untuk bagian NAUTIKA (dek) dan MERAH untuk bagian TEKNIKA (mesin)
  8. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian atau foto kopi laporan kecelakaan kapal
  9. Buku Pelaut Lama (asli) (bagi yang ingin memperpanjang buku pelaut).

Lama Proses :
2 hari kerja

Masa Berlaku :
4 tahun (2 kali perpanjangan masing-masing 2 tahun)

Catatan :

  • Apabila diperlukan pemeriksaan fisik, akan memerlukan tambahan waktu 1 hari kerja untuk pemeriksaan COC pelaut asing
  • Seluruh persyaratan dilengkapi dan  teridentifikasi secara berurutan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Waktu pelayanan berdasarkan atas penghitungan terhadap satu permohonan dan/ atau satu kapal​

Berikut langkah-langkah membuat Seaman Book:

  1. Jika semua persyaratan sudah lengkap silahkan kunjungi website resmi Dinas Perhubungan dengan klik di sini untuk registrasi/pendaftaran online.
  2. Ketika mendaftar melalui browser, akan ada sedikit masalah seperti gambar berikut ini. Tetapi tidak perlu khawatir, dapat di lanjutkan setelah mengklik Advanced. Kemudian klik “Proceed to dokumenpelaut.dephub.go.id(unsafe) seperti pada link yang dilingkari di gambar di bawah ini.

3. Kemudian klik Buat Akun dan akan muncul Form Registrasi yang harus diisi.

Catatan : Untuk kode pelaut bisa lihat di dalam nomer sertifikat BST di pojok kanan atas yang terdiri dari 10 digit di awal sertifikat BST

4. Klik daftar kemudian cek email untuk Konfirmasi akun saat masuk. Jika sudah ada email masuk segera konfirmasi akun dengan meng klik link tersebut.

5. Silahkan masukan nama pengguna atau email dan password yang dipakai saat mendaftar tadi.

6. Jika semua langkah sudah benar maka akan langsung masuk ke halaman member dari situs buku pelaut online. Klik pada ‘permohonan’ kemudian klik ‘buku pelaut’.

7. Di halaman permohonan buku pelaut pilih dan klik ‘buat permohonan’. Langkah selanjutnya harus mengisi formulir lagi.

8. Yang perlu diperhatikan adalah alamat kantor syahbandar yang dipilih untuk proses pencentakan.
Contoh : Jika berdomisili di Bali pilih dan klik ‘kantor syahbandar kepelabuhan benoa bali’. Prosesnya hanya tinggal mencari bentuk pendaftarannya yang biasanya jadwal untuk datang ke kantor syahbandar adalah 2 hari setelah pendaftaran.

9. Kemudian datang ke syahbandar sesuai dengan tanggal yang tercetak di print permohonan dan memakai baju putih polos lengan panjang berdasi hitam dengan latar belakang BIRU untuk bagian NAUTIKA (dek) dan Merah untuk bagian TEKNIKA (mesin).

source :
http://hubla.dephub.go.id/pelayanan/Pages/Perpanjangan-Masa-Berlaku-Buku-Pelaut.aspx
http://www.pelaut-indonesia.com/2017/05/Buku.pelaut.online.html

Punya Pertanyaan?